Minggu, 16 Januari 2011

BAB X

MEMBUAT BERBAGAI TEKS TERTULIS
DALAM KONTEKS BERMASYARAKAT

RANGKUMAN
A. Perencanaan Membuat Karangan
Sebelum menulis, seorang pengarang perlu membuat peren­canaan yang matang. Hal-hal yang harus diperhatikan ialah menetukan tema dan topik karangan, tujuan, dan judul.

B. Pola Pengembangan Karangan
Penyusunan kerangka karangan bertujuan untuk mengorgani­sasi tiap gagasan pokok. Dari kerangka karangan, karangan dapat dikembangkan secara sistematis. Setiap topik dijabarkan menjadi paragraf yang terdiri atas kalimat utama dan kalimat penjelas. Paragraf dapat dikembangkan secara deduktif atau induktif.

C. Menulis Berbagai Jenis Karangan
    Ada lima jenis karangan.
  1. Karangan narasi atau cerita adalah karangan yang berusaha menceritakan, mengisahkan, merangkaikan tindak-tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau yang berlangsung dalam satu kesatuan waktu.
  2. Karangan deskripsi atau penggambaran adalah karangan yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, atau tempat sesuai dengan objek yang sebenarnya.
  3. Karangan eksposisi atau pemaparan adalah karangan yang berisi pemaparan terhadap suatu konsep, gagasan, ide, dengan tujuan menguraikan, mengupas, menerangkan sesuatu yang akan menambah penge­tahuan atau wawasan pembaca.
  4. Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi pendapat mengenai suatu hal yang disertai alasan-alasan yang logis dan sistematis serta penyajian bukti-bukti dengan tujuan meyakinkan pembaca.
  5. Karangan persuasi adalah karangan yang berisi uraian mengenai sikap, pendapat, gagasan, dan perasaan yang bertujuan membuat pembaca percaya, yakin, dan terbujuk akan hal-hal yang diuraikan.
untuk mengunduh file klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar