Sabtu, 15 Januari 2011

BAB IV

MEMAHAMI INFORMASI TERTULIS
DALAM BERBAGAI BENTUK TEKS

RANGKUMAN

A. Mengindentifikasi Sumber Informasi dengan Teknik membaca
    Cepat

Untuk mengetahui asal sebuah informasi, kita harus dapat mengidentifikasi sumber informasi tersebut, yaitu dengan menelusuri identitas sumber yang mengungkapkan informasi tersebut seperti siapa narasumbernya dan pada media mana informasi didapat. Semua itu dapat dilakukan dengan membaca cepat melalui teknik membaca memindai (scanning).

B. Mengindentifikasi Jenis Teks Tertulis
Kita dapat mengidentifikasi jenis teks tertulis melalui pemahaman isi bacaan serta ciri-ciri sebuah tulisan. Secara umum bentuk tulisan terbagi menjadi lima jenis, yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

C. Teknik Membuat Catatan
Agar bicara tidak terlupakan begitu saja, pembaca dapat membuat catatan khusus. Catatan harus disertai dengan pencantuman sumber bacaan. mencatat sumber bacaan dapat disusun dalam bentuk catatan kaki atau catatan perut.

D. Ciri Penanda Masalah, Gaya Tulisan, Fakta, Opini, Proses, dan
Hasil yang Terdapat dalam Teks Sebuah wacana dapat ditelaah dari segi gaya bahasa, permasalahan yang diungkapkan, fakta dan opini yang terdapat di dalamnya, serta kalimat yang menyatakan proses dan hasil.

E.Membaca Grafik, Tabel, dan Bentuk Informasi NonverbalUntuk membaca grafik, tabel, diagram, atau peta dapat dilakukan dengan cara a) membaca judul,
b) membaca informasi yang ada di atas, di bawah, atau disisinya, dan
c) membaca secara keseluruhan informasi yang disajikan dalam grafik tabel,
    atau diagram itu.

F.Membuat Simpulan
Simpulan adalah uraian padat yang berisi intisari atau saripati dari informasi sumbernya. Simpulan dapat disusun secara deduktif atau induktif.

untuk mengunduh file klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar